REPOSITORY

Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta I

GAMBARAN KESEDIAAN TINDAKAN SCALING DAN ALASANNYA PADA PASIEN BPJS DI POLIKLINIK GIGI RSUD CENGKARENG TAHUN 2019

Kesediaan tindakan scaling dan alannya pada pasien BPJS sangatlah tergantung kepada kesadaran pasien terhadap kesehatan gigi dan mulutnya dan merupakan permasalahannya bagi BPJS dalam fasilitas pembiayaan tindakan scaling. Adanya perbedaan dalam pembiayaan tindakan scaling dalam faskes Tingkat I, II dan Rumah sakit rujukan.
Penelitian ini dimaksudkan untuk melihat gambaran kesediaan tindakan scaling dan alasannya pada pasien BPJS di Poliklinik Gigi RSUD Cengkareng. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif dengan jumlah sampel sebanyak 56 pasien responden. Untuk mendapatkan data gambaran kesediaan tindakan scaling dan alasannya pada pasien BPJS dengan cara memberikan pertanyaan langsung kepada pasien.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari 56 orang responden ternyata 49 orang dengan rata-rata 87,5% tidak bersedia untuk dilakukan tindakan scaling karena alasan belum adanya dana atau biaya. Dan sebanyak 7 orang responden dengan rata-rata 12,5% bersedia untuk dilakukan tindakan scaling karena alasan kesehatan.
Ketersediaan
LOADING LIST...
Detail Information
Pembimbing / Promotor : drg. Ita Astit Karmawati, MARS
Pengarang : SULAEMAN
NIM : P.17125018095
Jurusan : Kesehatan Gigi
Edisi :
No. Panggil : KG .094 Sul g 2019
ISBN/ISSN :
Legalization : 0000-00-00
Subyek : Kesediaan, alasan
Klasifikasi : KG 094 2019
Jenis : Tugas Akhir D III
Bahasa :
Penerbit : Jurusan Kesehatan Gigi Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta I : .,
Deskripsi Fisik :
Lampiran Berkas :
LOADING LIST...