REPOSITORY

Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta I

Gambaran Kebersihan Gigi dan Mulut Sebelum dan Sesudah Penyuluhan dengan Metode Demonstrasi Menyikat Gigi pada Murid SD Tunagrahita di SLB Negeri Kota Depok Tahun 2019

Kebersihan mulut adalah salah satu masalah penting yang perlu mendapat perhatian dalam rongga mulut selain masalah karies. Anak Tunagrahita adalah anak yang memiliki intelegensi yang signifikan berada di bawah rata-rata dan disertai dengan ketidakmampuan dalam adaptasi perilaku yang muncul dalam masa perkembangannya. Oleh karena itu anak tunagrahita pun mengalami kesulitan dalam belajar melalui pengamatan termasuk membina keterampilan hidup sehari-hari (yang dikenal dengan kemampuan bina diri).
Penggunaan metode penyuluhan yang tepat dapat mempengaruhi kemampuan anak tunagrahita dalam menyerap informasi yang disampaikan Tujuan: mengetahui gambaran kebersihan gigi dan mulut sebelum dan sesudah penyuluhan dengan demonstrasi menyikat gigi pada murid SD tunagrahita di SLB Negeri Kota Depok tahun 2019. Metode: Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, Jumlah sampel 34 responden. Teknik pengambilan sampel secara purposive sampling. Hasil: nilai kebersihan gigi dan mulut sebelum penyuluhan diperoleh nilai rata-rata 1,61, sesudah penyuluhan mengalami peningkatan menjadi rata-rata 1,24. Kesimpulan: Adanya peningkatan kebersihan gigi dan mulut pada murid SD tunagrahita di SLB Negeri Kota Depok sesudah diberikan penyuluhan.
Ketersediaan
LOADING LIST...
Detail Information
Pembimbing / Promotor : Adelina Barus
Pengarang : Kiki Haryanti
NIM : P17125016056
Jurusan : Kesehatan Gigi
Edisi :
No. Panggil : KG.056 KIK g 2019
ISBN/ISSN :
Legalization : 2019-00-00
Subyek : Kebersihan Gigi dan Mulut
Klasifikasi : KG.056 KIK g 2019
Jenis : Tugas Akhir Jurusan Kesehatan Gigi
Bahasa : Indonesia
Penerbit : Jurusan Kesehatan Gigi Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik : viii+88 hlm.;29cm
Lampiran Berkas :
LOADING LIST...