REPOSITORY

Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta I

GAMBARAN PENGETAHUAN SEBELUM DAN SESUDAH PENYULUHAN KESEHATAN GIGI BERJUDUL PLAK METODE MENDONGENG BAGI MURID - MURID KELAS III SDN CINERE 03 KOTA DEPOK

Upaya pemeliharaan kesehatan gigi dan mulut serta pmbinaan kesehatan gigi serta pembinaan kesehatan gigi terutama pada anak kelompok sekolah dasar perlu mendapat perhatian khusus sebab pada usia ini anak sedang menjalani proses tumbuh kembang. Keadaan gigi sebelumnya akan berpengaruh terhadap perkembangan kesehatan gigi pada dewasa nanti. Melalui program penyuluhan diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan menumbuhkan kesadaran akan pentingnya menjaga kesehatan gigi dan mulut khususnya pada plak.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui gambaran pengetahuan berjudul plak sebelum dan sesudah penyuluhan metode mendongeng bagi murid kelas III SDN Cinere 03 Kota Depok. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif, dengan memberikan kuesioner pada murid kelas III SDN Cinere 03 Kota Depok.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebelum penyuluhan tentang plak pada murid kelas III yang memiliki kriteria pengetahuan kurang (50%) dengan setelah diberika penyuluhan mencapai kriteria baik (76,67%). Keseimpulan dari hasil tersebut menunjukkan adanya peningkatan, pengetahuan pada murid kelas III setelah diberikan penyuluhan. Disaran kan agar SDN Cinere 03 Kota Depok berkerjasama dengan pihak puskesmas untuk melakukan kegiatan UKGS untuk meningkatkan pengetahuan tentang plak.
Ketersediaan
LOADING LIST...
Detail Information
Pembimbing / Promotor : Pudentiana Rr. RE. AMKG, S.Pd, MKM,
Pengarang : HALIMAH PUJI ANGGREYENI - P17125015021
NIM : P17125015021
Jurusan : Kesehatan Gigi
Edisi :
No. Panggil : KG.0019 HAL g 2018
ISBN/ISSN :
Legalization : 2018-06-06
Subyek : Pengetahuan, penyuluhan kesehatan, plak.
Klasifikasi : KG.0019
Jenis : Tugas Akhir D III
Bahasa : Indonesia
Penerbit : Poltekkes Kemenkes Jakarta I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik : viii+31 hlm.; 28 x 22 cm
Lampiran Berkas :
LOADING LIST...