REPOSITORY

Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta I

Studi pendahuluan pengembangan komponen orthotics ankle joint menggunakan material lokal

Latar Belakang : Kerusakan pada sistem Neuromuskular yang disebabkan oleh stroke, CP, PNI, SCI dan penyakit lain pada neuromuscular mengakibatkan drop foot. Penanganan rehabilitasi yang paling efektif untuk masalah tersebut adalah Ankle Foot Orthosis (AFO) dengan tipe Jointed AFO. Di Indonesia, belum ada produsen yang memproduksi ankle joint. Oleh karena itu, komponen ankle joint yang digunakan di Indonesia masih import dari luar negeri yang menyebabkan harga jual komponen ankle joint menjadi mahal.
Tujuan: Untuk mengevaluasi alternative material lokal untuk komponen orthotics ankle joint
Metode: Penelitian quasi-eksperimental dengan prosedur Computer Aided Reverse Engineering (CARE) dan dilakukan simulasi uji statik analisis dengan cara Finite Element Analysis (FEA) pada Software SOLIDWORK terhadap material local dan uji statistic menggunakan Kruskal Wallis Test pada Program olah data statistik
Hasil: Material yang memiliki sifat kaku (stiff) paling besar adalah Nylon dengan nilai elastic modulus sebesar 2.62x109 N/m2 dan memiliki yield strength dan tensile strength paling besar, yang berarti nylon memiliki kekuatan paling tinggi dalam menahan beban sebesar 10.3x107 N/m2 dan mampu menahan beban sebelum break/failure sebesar 9x107 N/m2. Pada saat simulasi dengan beban 750 N, Stress paling kecil adalah Polypropylene Homopolymer dan nilai strain paling kecil adalah Polypropylene Copolymer.
Kesimpulan: Nylon memiliki karakteristik yang lebih unggul dibanding material yang lain. Terlihat dari nilai elastic modulus, yield strength, tensile strength dan deformasi (stress, displacement, dan strain) yang mampu menahan beban sebesar 750 N.
Saran: Penelitian selanjutnya melakukan Analisa desain dan material dari Tamarack Flexure Joint 740 dengan mengikuti prosedur FEM/FEA, melakukan laboratorium test, seperti tensile dan bending test terhadap material lokal dan mengaplikasikan desain ankle joint kepada pasien
Kepustakaan : 40
Tahun : 1995-2019
Kata Kunci : Ankle Foot Orthosis, Jointed AFO, Material lokal, Finite Element Analysis, Lowcost
Ketersediaan
LOADING LIST...
Detail Information
Pembimbing / Promotor : Suci Anastasia, B.Sc.PO, MSc
Pengarang : Eka Anggraini
NIM : P17127016007
Jurusan : Ortotik Prostetik
Edisi :
No. Panggil : OP 07 EKA s 2020
ISBN/ISSN :
Legalization : 2020-07-13
Subyek : Ankle Foot Orthosis
Jointed AFO
Material Lokal
Finite Element
Analysis
Lowcost
Klasifikasi : 2020.OP.07
Jenis : Tugas Akhir Jurusan Ortotik Prostetik
Bahasa :
Penerbit : Jurusan Ortotik Prostetik : Jakarta.,
Deskripsi Fisik : xviii, 123 hlm.;ilus.;29 cm
Lampiran Berkas :
LOADING LIST...