REPOSITORY

Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta I

Pengaruh penggunaan insert silicone heel cup terhadap energy cost pada pengguna sepatu hak tinggi

Latar Belakang: sepatu hak tinggi kini banyak digunakan, baik dikalangan pekerja maupun mahasiswi. Penggunaan sepatu hak tinggi memberikan banyak pengaruh bagi tubuh, salah satunya adalah energy cost saat berjalan menggunakan sepatu hak tinggi.
Tujuan: membuktikan pengaruh penggunaan Insert silicone heel cup pada pengguna sepatu hak tinggi yang memiliki beda bentuk kaki terhadap energy cost ketika menggunakan sepatu hak tinggi
Metode: Penelitian Eksperimental within subject design. Dengan satu kelompok yang diberi dua perlakuan, yaitu dengan dan tanpa menggunakan insert silicone heel cup. Partisipan berjenis kelamin perempuan berjumlah 8 orang bersedia mengikuti penelitian ini dan sudah memenuhi kriteria inklusi dan eksklusi yang dipilih secara Purposive Sampling. Partisipan berusia 18-30 tahun menggunakan sepatu hak tinggi ≥ 2 cm. Setiap partisipan akan melakukan 2 tes, yaitu berjalan di atas Treadmill dengan dan tanpa menggunakan Insert silicone heel cup.
Hasil: hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat pengaruh terhadap energy cost pada pengguna sepatu hak tinggi yang memiliki beda bentuk kaki. Dengan nilai p-value 0,012. Sedangkan p-value pada perbandingan sebelum dan sesudah menggunakan insert silicone heel cup terhadap energy cost tidak terdapat pengaruh yang signifikan (p=0,813). Untuk energy cost terhadap kecepatan berjalan ketika menggunakan insert silicone heel cup juga tidak terdapat perbedaan yang siginifikan (p=1,000).
Kesimplan: terdapat pengaruh pada penggunaan insert silicone heel cup terhadap energy cost pada pengguna sepatu hak tinggi dengan beda bentuk kaki.
Kepustakaan : 60
Tahun : 1980 - 2019
Kata Kunci : Energy Cost, High Heel Shoe, PCI, Treadmill, Pes Planus, Pes Cavus
Ketersediaan
LOADING LIST...
Detail Information
Pembimbing / Promotor : Dr.Tri Riana Lestari, SKM, M.Kes
Pengarang : Andita Putri Aryanti
NIM : P17127016004
Jurusan : Ortotik Prostetik
Edisi :
No. Panggil : OP 04 AND p 2020
ISBN/ISSN :
Legalization : 2020-07-13
Subyek : PCI
Energy Cost
High Heel Shoe
Treadmill
Pes Planus
Pes Cavus
Klasifikasi : 2020.OP.004
Jenis : Tugas Akhir Jurusan Ortotik Prostetik
Bahasa : Indonesia
Penerbit : Poltekkes Kemenkes Jakarta I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik : xix, 92 hlm.; ilus.; 29 cm
Lampiran Berkas :
LOADING LIST...