REPOSITORY

Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta I

Asuhan Keperawatan Pada Ibu P dengan Pre Eklampsia dalam Konteks Keluarga di RT 06 RW 08 Kelurahan Pejaten Timur Kecamatan Pasar Minggu Jakarta Selatan” Nursing Care for Mrs. P who has Pre Eclampsia in the Context of the Family in RT 06 RW 08 Kelurahan Pejaten Timur Kecamatan Pasar Minggu South Jakarta

Penulis menyimpulkan sesuai dengan tahapan yang ada dalam proses keperawatan yang meliputi pengkajian keperawatan, diagnosa keperawatan, intervensi keperawatan, implementasi keperawatan dan evaluasi keperawatan. Asuhan keperawatan pada Ibu P dilakukan selama 4 hari pada tanggal 09 – 12 Maret 2020 telah sesuai dengan tahapan proses keperawatan, maka dapat disimpulkan sebagai berikut:
1. Proses dan hasil pada :
a. Pengkajian Keperawatan
Pada proses pengkajian yang dilakukan data yang diambil meliputi data identitas klien seperti usia ibu saat hamil, riwayat penyakit masa lalu maupun riwayat penyakit keluarga, usia kehamilan, riwayat pengobatan, pemeriksaan fisik seperti indeks masa tubuh, dan pemeriksaan penunjang seperti pemeriksaan tanda – tanda vital dan pemeriksaan gula darah sewaktu. Faktor tersebut merupakan faktor yang perlu diperhatikan saat kehamilan karena ada kaitannya dengan masalah kesehatan hipertensi yang dialami oleh ibu hamil.
b. Diagnosa Keperawatan
Berdasarkan hasil pengumpulan data tersebut, penulis merumuskan diagnosa yang dibandingkan antara teori dan kasus, yaitu defisit pengetahuan tentang pre eklampsia, risiko perfusi perifer tidak efektif, dan ansietas. Pada perumusan diagnosa ini memiliki kesenjangan antara teori menurut SDKI (2017) dan kasus yang ditemukan pada keluarga Ibu P. Pada kasus yang tidak diangkat masalah keperawatan yaitu hipervolemia.
c. Perencanaan Keperawatan
Pada rencana keperawatan pada Ibu P disusun berdasarkan kebutuhan dan kondisi klien. Perencanaan ini ditetapkan dengan mengacu pada teori asuhan keperawatan yaitu SIKI (2018). Pada perencanaan ini ditujukan untuk mengurangi atau mengatasi masalah pada Ibu P yaitu menambah pengetahuan pada Ibu P dan keluarga tentang penyakit pre eklampsia dan penatalaksanaannya, mencegah terjadinya risiko perfusi perifer tidak efektif, dan menambah pengetahuan tentang ansietas dan manajemen relaksasi.
d. Implementasi Keperawatan
Implementasi keperawatan yang dilakukan pada Ibu P sudah sesuai dengan perencanaan yang telah disusun oleh penulis. Dalam perencanaan keperawatan ini penulis memperhatikan prinsip pentalaksanaan asuhan keperawatan antara lain interaksi dimana fokusnya adalah komunikasi dan hubungan internal dalam keluarga. Pendekatan yang dilakukan adalah pemecahan masalah kesehatan menggunakan proses keperawatan, mengidentifikasi kemampuan yang dimiliki keluarga, kegiatan utama dalam pelaksanaan asuhan keperawatan adalah penyuluhan kesehatan keluarga atau perawatan kesehatan dirumah dan melibatkan peran serta aktif seluruh anggota keluarga.
e. Evaluasi Keperawatan
Evaluasi keperawatan dilakukan setiap hari selama kunjungan. pada diagnosa penulis ambil terdapat diagnosa yang teratasi yaitu pada masalah defisit pengetahuan, risiko perfusi perifer tidak efektif, dan ansietas. Masalah keperawatan yang telah teratasi ini memerlukan monitoring lebih lanjut yang penulis libatkan dengan anggota keluarga.
Ketersediaan
LOADING LIST...
Detail Information
Pembimbing / Promotor : Dr. Reni Chairani, S.Kp., M.Kep., Sp.Kom
Pengarang : SYAUFA NADA KAMILA
NIM : P17120017075
Jurusan : Keperawatan
Edisi :
No. Panggil : KP.72 SYA a 2020
ISBN/ISSN :
Legalization : 2020-05-00
Subyek : Pre Eklamsia
Klasifikasi : 2020.KP.72
Jenis : Tugas Akhir D III
Bahasa : Indonesia
Penerbit : Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Jakarta I : .,
Deskripsi Fisik : x, 39 hlm.;29 cm
Lampiran Berkas :
LOADING LIST...