REPOSITORY

Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta I

Asuhan Keperawatan pada Ny.R yang mengalami Kanker Servik Stadium IV A di Gedung A lantai Dua Zona A RSUPN Dr. Cipto mangunkusumo” Nursing care for Mrs. R that corrects Cervical Cancer Stage IV A in Building A, second floor, Zone A, Dr. RSUPN Cipto Mangunkusumo

Berdasarkan hasil pelaksanaan dilakukan dari tanggal 28-30 April 2019 Asuhan Keperawatan Pada Ny. R Yang Mengalami Kanker Servik Stadium IV A di Gedung A Lantai 2 Zona A RSUPN Dr. Cipto Mangunkusumo Jakarta. maka penulis akan menguraikan berbagai kesimpulan yaitu sebagai berikut :
Penulis dapat menyimpulkan bahwa kanker servik adalah penyakit akibat tumor ganas yang terjadi karena sel-sel permukaan serviks yang mengalami penggandaan dan perubahan sifat yang tumbuh didalam leher rahim/serviks.
1. Hasil pengkajian pada Ny. R di dapatkan data sesuai dengan teori, tetapi tidak semua data pada teori ada pada klien. Cara pengumpulan data diperoleh dari wawancara, observasi, pemeriksaan fisik, status rekam medis, saat dilakukan pengkajian klien dan keluarga sangat kooperatif sehingga membantu penulis dalam memperoleh data dan mengetahui kondisi klien.
2. Diagnosa keperawatan yang tercantum pada teori ada 3 yaitu Nyeri akut, gangguan citra tubuh, Defisit pengetahuan. Penulis mengangkat 3 diagnosa prioritas pada Ny. R yang sesuai dengan teori dan sesuai dengan kondisi klien. Diagnosa yang penulis anngkat diantaranya gangguan citra tubuh, Nyeri akut, Defisit pengetahuan.
3. Intervensi yang penulis buat berdasarkan diagnosa keperawatan yang sudah ditentukan berdasarkan kondisi Ny. R dan sesuai dengan teori. Identifikasi harapan citra tubuh berdasarkan tahapan perkembangan, identifikasi perubahan citra tubuh yang megakibatkan isolasi sosial, monitor frekuensi peryataan kritik terhadap diri sediri, diskusikan perubahan tubuh dan fungsinya, diskusikan,

diskusikan cara mengembangkan harapan citra tubuh secara realistis, diskusikan persepsi pasien dan keluarga tentang perubahan citra tubuh., jelaskan kepada keluarga tentang perawata perubahan citra tubuh, anjurkan mengugkapkan gambaran diri terhadap citra tubuh, latih fungsi tubuh yang dimiliki., Identifikasi skala nyeri, Identifikasi pengetahuan dan keyakinan tentang nyeri, Monitor efek samping penggunaan analgetik, Berikan teknik nonfarmakologis untuk mengurangi nyeri, Ajarkan teknik nonfarmakologis untuk mengurangi nyeri, Identifikasi kesiapan dan kemampuan menerima informasi, Identifikasi faktor-faktor yang dapat menigkatkan dan menurunkan motivasi perilaku hidup, Sediakan materi dan media pendidikan kesahatan, Jadwalkan pendidikan kesehatan sesuai kesepakatanya, Berikan kesempatan untuk bertanya, Jelaskan faktor resiko yang mempengaruhi kesehatan, Ajarkan perilaku hidup bersih dan sehat.
4. Dalam melakukan implementasi keperawatan penulis sepenuhnya dapat melakukan sesuai intervensi yang sudah dibuat.
5. Evaluasi akhir dilakukan pada Ny. R sudah mengarah pada kriteria hasil yang sudah ditentukan oleh penulis. semua masalah yang penulis angkat teratasi di hari terakhir penulis melakukan evaluasi. diagnosa yang sudah teratasi karena sudah sesuai dengan kriteria hasil yang sudah dibuat penulis
Berdasarkan hasil pengkajian dan teori yang ada, penulis dapat menyimpulkan bahwa secara keseluruhan tidak terdapat perbedaan yang berarti antara teori Kanker Serviks dengan hasil pengkajian pada Ny. R yang mengalami Kanker Serviks. Dan penulis juga tidak menemukan hambatan apapun pada pengkajian keperawatan, diagnosa keperawatan, intervensi keperawatan, implementasi keperawatan dan evaluasi keperawatan pada Ny. R.
Ketersediaan
LOADING LIST...
Detail Information
Pembimbing / Promotor : Fenti Hasnani, S.Kep, Ners., MA. Kes
Pengarang : DELIA RAHNA SARI
NIM : P17120017407
Jurusan : Keperawatan
Edisi :
No. Panggil : KP.46 DEL a 2020
ISBN/ISSN :
Legalization : 2020-05-00
Subyek : Kanker Servik
Klasifikasi : 2020.KP.46
Jenis : Tugas Akhir D III
Bahasa : Indonesia
Penerbit : Jurusan Keperawatan Poltekkes Kemenkes Jakarta I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik : xii, 49 hlm.; 29 cm
Lampiran Berkas :
LOADING LIST...