REPOSITORY

Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta I

PENGARUH AKTIVITAS KESEHARIAN TERHADAP PERUBAHAN UKURAN LINGKAR STUMP PADA PENGGUNA PROSTESIS TRANSTIBIAL (Di Klinik Laboratorium Jurusan Ortotik Prostetik Politeknik Kesehatan Kementerian Kesehatan Jakarta 1 (THE EFFECT OF DAILY ACTIVITIES TOWARD THE RESIDUAL LIMB VOLUME CHANGE IN TRANSTIBIAL PROSTHESIS USERS atan Jakarta I )

Latar Belakang. Perubahan lingkar stump menyebabkan masalah pada kesesuaian soket bagi pengguna prostesis, hal ini berhubungan dengan penggunaan prostesis secara aktif sekitar 50% dari kegiatan sehari-hari. Lingkar stump pengguna prostesis mengalami perubahan sepanjang hari, disebabkan oleh tekanan dan gesekan dari soket ke sisa jaringan lunak pada stump selama berjalan.

Tujuan. Mengetahui pengaruh aktivitas ringan, sedang dan berat pengguna prostesis terhadap perubahan ukuran lingkar stump pada pengguna prostesis transtibial.

Metode. Desain penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian quasi experimental, 7 subjek transtibial melakukan protokol aktivitas single subject design, yaitu aktivitas ringan, sedang dan berat, kemudian diukur lingkar stump menggunakan girth measurement. Analisis repaired T-Test untuk mengetahui perbedaan hasil ukur rata-rata lingkar stump sebelum dan sesudah aktivitas.

Hasil. Semua subjek mengalami penurunan lingkar stump sebelum dan sesudah aktivitas secara signifikan p-value 0,000. Ukuran stump pada aktivitas berat SD±mean (24,7±3,7) menurun (Δ 1,8333), sedangkan pada aktivitas sedang SD±mean (25,5±3,9) menurun ( Δ 1,0333) dan pada ativitas ringan SD±mean (26±3,8) menurun (Δ 0,5571).

Kesimpulan. Terdapat pengaruh signifikan pada kategori aktivitas ringan, sedang dan berat terhadap perubahan ukuran lingkar stump pada pengguna prostesis transtibial.
Ketersediaan
LOADING LIST...
Detail Information
Pembimbing / Promotor : Dr. Atikah Adyas, SKM., MDM
Pengarang : NISRINA NUR FITRAYANI
NIM : P 17127015015
Jurusan : Ortotik Prostetik
Edisi :
No. Panggil : OP 015 Nis a 2019
ISBN/ISSN :
Legalization : 2019-00-00
Subyek : Residual Limb Volume Change
Transtibial prosthetic
girth measurement
Circumference measurement of the stump
Socket Fit
Klasifikasi : OP 015 2019
Jenis : Tugas Akhir Jurusan Ortotik Prostetik
Bahasa : English
Penerbit : Poltekkes Kemenkes Jakarta I : Jakarta.,
Deskripsi Fisik : xvi, 79 hlm.; 29 cm
Lampiran Berkas :
LOADING LIST...