REPOSITORY

Politeknik Kesehatan Kemenkes Jakarta I

Efektifitas prenatal massage terhadap tingkat kecemasan ibu hamil trimester III di klinik utama Ani Raharjo tahun 2018

Kecemasan ibu hamil trimester III dalam menghadapi proses persalinan salah satu masalah gangguan emosional Iyang sering ditemui dan menimbulkan dampak psikologis cukup serius. Prenatal Massage merupakan upaya untuk menurunkan kecemasan tersebut. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan prenatal Massage terhadap perubahan tingkat kecemasan ibu hamil trimester III di Klinik Utama Anni Rahardjo Jakarta Timur. Jenis penelitian ini adalah "Quasi experiment" menggunakan rancangan twogroup Posttest Only. Sampel penelitian adalah ibu hamil trimester III di Klinik Utama Anni Rahardjo berjumlah 32 responden yang dibagi 2 kelompok dengan teknik purposive sampling. Teknik pengolahan data menggunakan t-test dan regresi linier.
Hasil penelitian: prenatal massage memiliki pengaruh terhadap tingkat kecemasan ibu hamil trimester III dengan nilai P= 0.043, sedangkan dari variabel yang diteliti, untu karakteristik ibu, pendidikan memiliki pengaruh terhadap tingkat kecemasan ibu hamil Trimester III dengan nilai P = 0,002, sedangkan variabel lain yaitu umur, pekerjaan, paritas dan komplikasi tidak memiliki pengaruh terhadap tingkat kecemasan ibu.
Kesimpulan: Prenatal massage memiliki pengaruh terhadap tingkat kecemasan ibu hamil sehingga disarankan dalam setiap pemberian asuhan kebidanan untuk memberikan prenatal massage bagi ibu hamil terutama yang memiliki tingkat kecemasan tinggi
Ketersediaan
LOADING LIST...
Detail Information
Pembimbing / Promotor :
Pengarang : Devi Azriani
NIM :
Jurusan : Kebidanan
Edisi :
No. Panggil : 20.1.RIS.2018
ISBN/ISSN :
Legalization : 0000-00-00
Subyek : Kecemasan Ibu Hamil
Prenatal Massage
Klasifikasi : 20.1.RIS.2018
Jenis : Penelitian Dosen
Bahasa :
Penerbit : Jurusan Kebidanan : Jakarta.,
Deskripsi Fisik : 43 hlm.; 29 cm
Lampiran Berkas :
LOADING LIST...