Image of Filosofi Asuhan Kebidanan

Text

Filosofi Asuhan Kebidanan "Women Centered Care"



Survei Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) mencatat AKI di Indonesia sebesar 359/100.000 kelahiran hidup pada tahun 2012. (Depkes RI, 2012), salah satu upaya percepatan penurunan AKI adalah dengan menyediakan tenaga bidan yang kompeten dan profesional, bertanggungjawab kepada publik, memiliki pemahaman tentang filosofi asuhan kebidanan “women centered care” yang tertanam kuat dalam diri seorang bidan.

Berdasarkan keputusan menteri kesehatan republik indonesia nomor 369/menkes/sk/III/2007 tentang standar profesi bidan, dalam memberikan asuhan kepada klien, bidan memiliki standar kompetensi yang di dalamnya terdapat perilaku profesional. Salah satu perilaku profesional yang harus dimiliki bidan adalah “Berpegang teguh pada filosofi, etika profesi, dan aspek legal”. Filosofi yang dimaksud dalam perilaku profesional diatas salah satunya adalah filosofi asuhan kebidanan “women centered care”. Filosofi asuhan kebidanan yang berpusat pada wanita “women centered care” yaitu pelayanan berkesinambungan dan menyeluruh (Holistic), bidan menjadi partner bagi klien (partnership care) sejak persiapan sebelum hamil, hamil, bersalin, nifas, menyusui dan perawatan bayi baru lahir (continuity). Asuhan kebidanan “women centered care” dapat mengurangi tindakan medis dan farmakologis, mencegah komplikasi, mengurangi nyeri, melibatkan klien dalam pengambilan keputusan selama asuhan berlangsung serta membuat klien merasa nyaman dalam menjalani proses tersebut (Personalized) Filosofi asuhan kebidanan “women centered care” dapat dilakukan dengan menerapkan model asuhan kebidanan berkesinambungan (continuity of care).

Buku Filosofi Asuhan Kebidanan “Women Centered Care” terdiri dari 8 Bab. Pada Bab 1 hingga 3 dipaparkan mengenai pendahuluan, pengertian filosofi asuhan kebidanan “women centered care”, dan prinsip-prinsip asuhan kebidanan berdasarkan filosofi asuhan kebidanan “women centered care”. Pada Bab 4 hingga 6 dipaparkan mengenai model-model asuhan kebidanan yang sesuai dengan filosofi asuhan kebidanan “women centered care”, model pembelajaran klinik yang sesuai dengan filosofi asuhan kebidana “women centered care”, dan pemahaman tentang filosofi asuhan kebidanan “women centered care”. Pada Bab 7 dan 8 dipaparkan mengenai gambaran pemahaman mahasiswa kebidanan tentang filosofi asuhan kebidanan “women centered care” dan alat ukur pemahaman tentang filosofi asuhan kebidanan “women centered care” dari laporan asuhan kebidanan continuity of care.


Ketersediaan

T2022.151618.2 SRI f/1 2019Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Jakarta I (618.2)Tersedia
T2022.152618.2 SRI f/2 2019Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Jakarta I (618.2)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
618.2 SRI f 2019
Penerbit Deepublish : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
x,;36hlm.;23cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786230200243
Klasifikasi
618.2
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this