Image of Pemberantasan Penyakit Menular

Text

Pemberantasan Penyakit Menular



Buku ini terdiri dari beberapa bab, bab pertama membahas tentang penyakit menular, bab kedua tentang surveilans epidemiologi, bab ketiga kejadian luar biasa, bab keempat tentang investigasi wabah, bab kelima tentang vektor kontrol, bab keenam tentang pemberantasan penyakit menular dalam keadaan bencana, bab ketujuh tentang pemberdayaan masyarakat dalam pemberantasan penyakit menular, bab kedelapan tentang sistem informasi dalam pemberantasan penyakit menular dan bab terakhir tentang rantai penularan.

Pengendalian adalah suatu tindakan aktivitas yang bertujuan untuk mengurangi atau menekan terjadinya suatu penyakit. Penyakit menular atau penyakit infeksi adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh agen biologi (seperti virus, bakteria, atau parasit), bukan disebabkan faktor fisik seperti luka bakar atau kimia seperti keracunan.

Model tradisional epidemiologi atau segitiga epidemiologi yang dikemukakan oleh John Gordon dan La Richt (1950) yang menyebutkan bahwa timbul atau tidaknya penyakit pada manusia dipengaruhi oleh tiga faktor utama host (pejamu), agent (agen), dan environment (lingkungan).

Pejamu/ host adalah semua faktor yang terdapat pada manusia yang dapat mempengaruhi timbulnya suatu perjalanan penyakit. Bibit penyakit/ agent adalah suatu subtansi tertentu yang keberadannnya atau ketidakberadannya diikuti kontak efektif pada manusia dapat menimbulkan penyakit atau mempengaruhi perjalanan suatu penyakit. Environment (lingkungan) adalah segala sesuatu yang berada disekitar manusia yang mempengaruhi kehidupan dan perkembangan manusia (Rajab, 2009). John Gordon berpendapat bahwa:

Penyakit timbul karena ketidakseimbangan antara agent (penyebab) dan host (manusia).
Keadaan keseimbangan bergantung pada sifat alami dan karakteristik agent dan host (baik individu/kelompok)
Karakteristik agent dan host akan mengadakan interaksi, dalam interaksi tersebut akan berhubungan langsung pada keadaan alami dari lingkungan (lingkungan sosial, fisik, ekonomi, dan biologis)


Ketersediaan

T2022.136614.5 OKS p/1 2017Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Jakarta I (614.5)Tersedia
T2022.137614.5 OKS p/2 2017Perpustakaan Terpadu Poltekkes Kemenkes Jakarta I (614.5)Tersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
614.5 OKS p 2017
Penerbit Deepublish : Yogyakarta.,
Deskripsi Fisik
xiv,;177hlm.;20cm
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
9786024535605
Klasifikasi
614.5
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain




Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this